Rabu, 16 April 2014

Wisata Pulau Karimun Kepulauan Riau Indonesia

Beberapa Wisata Yang Ada Di Karimun Island

SEJAK dulu hingga kini, masyarakat, khsusnya para wisatawan selalu melihat pariwisata Karimun dari dua sudut yang berseberangan: positif dan negatif. Yang pikirannya rada kotor tahunya Karimun hanya dari sisi negatif seumpama penjaja seks komersial saja. Maka muncullah imej seolah-olah Karimun kota WTS. Namun saat ini Pemda Karimun tidak mau hanyut dengan imej jelek itu. Dalam berbagai event dan kesempatan selalu diusahakan untuk menampilkan citra

wisata positif yang ada di Kabupaten dengan 9 kecamatan ini. Sesungguhnya di Karimun memang ada banyak tempat-tempat pariwisata yang pantas untuk dibanggakan. Setidaktidaknya ada beberapa jenis wisata yang saat ini tengah gencar dikembangkan Pemda Karimun. Ada wisata budaya, wisata bahari, wisata religi, wisata alam dan lainnya. Melalui situs resmi, www.kab karimun.go.id Pemda Karimun juga telah menginformasikan betapa aneka ragam objek pariwisata yang ada di Kabupaten Karimun ini.

Untuk wisata bahari misalnya ada beberapa lokasi yang dapat dikunjungi. Sebutlah umpamanya pantai Lubuk di Tanjung Batu Kecamatan Kundur, pantai Sawang yang terletak di Tanjung Batu, tepatnya di desa Sawang. Ada lagi Pantai Pelawan dan Pantai Pongkar yang keduanya terdapat di Tanjung Balai Karimun. Dan masih banyak yang lainnya. Itu semua, jika dikelola Begitu pula untuk wisata religi, banyak sebenarnya objek wisata yang dapat dikunjungi dan dinikmati wisatawan baik lokal maupun manca negara. Seperti mesjid tua di Pulau Buru dan di Meral. Ada juga kelenteng tua di Moro. Itu beberapa contoh wisata religi. Apalagi di kota Karimun sendiri ada sebuah mesjid megah, mesjid Raya Karimun yang bangunannya mirip mesjid kubah di Arab sana.

Untuk lebih rinci inilah daftar tempat-tempat dan jenis wisata yang ada di Kabupatedn Karimun :

a. Wisata Budaya



    1. Tari Tradisional 
    2. Mandi Safar
    3. Sampan layar dan jong
    4. Kesenian reog
    5. Kesenian kompang
    6. Adat-istiadat lainnya.

b. Wisata Bahari:
    1. Pantai Pongkar
    2. Pantai Pelawan



    3. Pantai Pulau Tulang (ketiganya di Pulau Karimun)
    4. Pantai Lubuk
    5. Pantai Gading
    6. Pantai Swang
    7. Pantai Timun
    8. Batu Limau (kelimanya ada di Pulau Kundur)
    9. Pantai Telunas
    10. Pantai Air Dagang
    11. Pantai Sugi (ketiganya di Kecamatan Moro)

c. Wisata Alam

    1. Taman rekreasi Air Terjun, Pongkar.
    2. Pemandian air panas di Tanjung Utan, Kecamatan Buru.

d.Wisata Religi

    1. Mesjid Tua di Buru
    2. Mesjid Tua Al-Mubarak di Meral
    3. Mesjid Raya Karimun
    4. Kelenteng tua di Pulau Moro.

e.Wisata Sejarah

    1. Makam Kramat di Kundur
    2. Kuburan si Badang di Buru



    3. Prasasti (batu bertulis) di Pasir Panjang.



       Karimun Ke depan itulah sesungguhnya yang akan dikembangkan dan akan menjadi andalan daerah ini di dunia pariwasata. Ditetapkannya Karimun (bersama Batam dan Bintan) menjadi daerah FTZ juga akan menjadi motivasi sendiri untuk lebih mengembangkan objek dan jenis wisata di Karimun. Dengan itu tidak ada imej negatif berkaitan dengan pariwisata Karimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar